Mensos Risma dan Forum Rektor Bertemu, Ingatkan Bahaya Predator Sex Hingga Tangani Mitigasi Bencana

Mensos Risma dan Forum Rektor Bertemu, Ingatkan Bahaya Predator Sex Hingga Tangani Mitigasi Bencana

FAKTAKOTA, MAKASSAR– Menteri Sosial RI Tri Rismaharini mengajak 19 universitas yang ada di Sulsel untuk berkolaborasi dan mengedukasi calon guru agar dapat membimbing anak sekolah terhindar dari ancaman kekerasan seksual.

Katanya, saat ini, angka kekerasan seksual terhadap anak semakin meningkat. Sesuai data yang dihimpun oleh Kemensos, sekitar 8 kasus kekerasan seksual anak yang berujung kematian terjadi pada tahun 2022.

“Ini yang harus dihindari. Anak-anak harus dilindungi. Apalagi bagi mereka yang ada di pelosok. Mereka harus paham. Harus diberikan edukasi sejak dini. Predator yang mengganggu keamanan anak-anak harus ditangani dengan baik,” ucapnya di Hotel Claro Makassar, Senin (22/5).

Untuk itu, Mensos berpesan kepada para rektor yang menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Perkumpulan Perguruan Tinggi Kependidikan Negeri dan Ramah Tamah Pasca Konaspi 2022 untuk mengajarkan calon guru PAUD dan SD paham ancaman bagi anak-anak.

Selanjutnya, Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof. Husain Syam menyampaikan jika pihaknya bersama beberapa Rektor turut menerima konsep dan strategi pembelajaran yang ditawarkan oleh Menteri Sosial RI.

“Masalah anak harus ditangani mulai dari pendidiknya dulu. Makanya kami menyambut baik kolaborasi ini. Bagaimana para calon guru yang kuliah di Universitas bisa mengajar di sekolah dengan materi yang dibutuhkan oleh anak,” jelasnya.

Penulis : Angga
Berita Terkait
Baca Juga